Sabtu, 03 Oktober 2015

SAATNYA BANDUNG-CIMAHI MILIKI JALAN LAYANG

Kondisi jalan di Kota Bandung menuju Cimahi atau sebaliknya tepatnya di Jalan Cibeureum Cimindi yang merupakan jalan akses masuk dan keluar Bandung menuju Cimahi, atau Kab. Bandung Barat seperti: Padalarang, Cililin, Cijenuk, Cikalong wetan, dst menuju arah Cianjur dll ditambah terus bertambahnya kendaraan bermotor baik roda empat, roda dua pribadi maupun berbagai jenis kendaraan umum membuat jalan ini dipadati ribuan kendaraan setiap harinya. Apalagi bila pagi hari jelang siswa masuk sekolah maupun masuk kerja kepadatan jalan-jalan ini tidak bisa dihindari. Bagi yang mengetahui jalan tikus maka orang bisa masuk ke berbagai jalan maupun gang. 
Namun kondisi seperti ini tidak bisa dibiarkan secara terus-menerus, kian hari kendaraan semakin bertambah sementara sarana jalan nyaris tidak ada pertambahan sepanjang tahun. Untuk itu perlu kiranya pemerintah mulai berfikir untuk membangun jalan layang antara Bandung - Cimahi. 
Jalan layang ini bisa dibangun di badan jalan yang ada sekarang, sehingga tidak perlu adanya pembebasan lahan yang biasanya jadi kendala pembangunan jalan.  
Jalan layang ini panjangnya bisa puluhan kilometer mengingat kondisi jalan akses Bandung-cimahi relatif lurus sehingga tidak ada kelokan yang mengurangi akses kendaraan.  
Pembangunan jalan layang tersebut sekaligus menyelesaikan kemacetan yang seringkali juga melanda Kota Bandung maupun Cimahi.
Adapun jalan yang bisa dibangun jalan layang bisa dimulai dari Jalan Sudirman, Cimindi, Cibeureum dilengkapi dengan akses keluar masuk diberbagai arah dan tujuan. Jalan-jalan tersebut relatif lurus dan dipadati kendaraan bermotor.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar