Sabtu, 19 September 2015

SYARIAT ISLAM VS BUDAYA ISLAM

Sebagai agama yang menjadi pedoman hidup dan berkehidupan ummat manusia, Agama Islam berkembang menjadi suatu kekuatan yang luar biasa dan melekat kuat pada prilaku dan kehidupan muslimin. Kehidupan muslimin setiap harinya diupayakan sesuai dengan tuntunan dan tata cara yang diajarkan dalam; Alquran, sunnah rasul maupun sunnah khulafaur rasyidin yaitu sunnahnya para pengganti rasul sepeninggal Nabi Muhammad SAW. Karenanya Islam disebut sebagai jalan hidup The way of life.
Namun dalam sejarahnya berkembang juga kebiasaan-kebiasaan atau budaya masyarakat muslim yang disesuaikan dengan ajaran Islam. Sebenarnya, penulis melihat bahwa dalam hal ini tidak ada pertentangan antara Islam sebagai syariat dan budaya Islam sebagai hasil budi daya muslimin. 
Salah satu contohnya misalnya kewajiban sholat sebagai salah satu syariat Islam dimana dalam rukun sholat disebutkan ada kewajiban untuk menutup aurat bagi laki-laki dari pusar hingga lutut sedangkan perempuan wajib ditutup seluruh tubuh kecuali telapak tangan dan wajah. Berkembanglah budaya musliminnya yaitu untuk laki-laki di jazirah Arab mengenakan gamis sedangkan di Indonesia bisa mengenakan sarung atau celana panjang plus baju koko atau sejenisnya dengan model dan warna kesukaan masing-masing. Di negara lain atau di wilayah lain ada bentuk dan corak yang berbeda. Intinya adalah kewajiban untuk menutup aurat. Dan ini tidak bertentangan antara Syariat Islam dengan budaya muslimin.
Contoh lainnya iedul fitri atau lebaran dengan mudik ke kampung halaman untuk bertemu dan bersilaturrami sanak famili. Budaya ini juga tidak bertentangan Syariat Islam.
Kumandang adzan zaman rasul disuarakan di menara mesjid. di Indonesia dahulu kumandang adzan didahului pukulan bedug dan kentongan. Tujuannya agar muslimin dari kejauhan mengetahui bahwa waktu sholat sudah tiba. Kini suara adzan, muslimin bisa langsung mendengar di mesjid dengan menggunakan pengeras suara, melalui TV, Radio, ponsel dll. Dan ini tidak bertentangan dengan Syariat Islam.
Contoh lainnya  adalah jilbab, kerudung. Syariat Islamnya adalah kewajiban menutupi seluruh tubuh muslimah namun budayanya adalah dalam hal bentuk, model, corak maupun warna.
Mencari ilmu hukumnya wajib. Budayanya adalah munculnya madrasah sekolah dengan berbagai tingkatan hingga perguruan tinggi, majelis taklim, ceramah umum berbagai event seperti : mauludan, peringatan isro mi'raj, syukuran pernikahan khitanan, syukuran punya rumah baru mobil baru, syukuran kelahiran anak, kelulusan anak, naik pangkat dll. 
Contoh lainnya sangat banyak sehingga tidak mungkin dibahas satu persatu. Wallahu a'lam bishowab.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar